70 Pelaku UMK Pangan Olahan Ikuti Pelatihan Kewirausahaan Dinkop UKM Muara Enim

Spread the love

MUARA ENIM, PERSADAEKSPRES.COM- Sebanyak 70 orang pelaku Usaha Mikro Kecil (UMK) se-Kabupaten Muara Enim mengikuti Pelatihan Kewirausahaan Tahun 2023 yang diselenggarakan oleh Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah (Dinkop UKM) Kabupaten Muara Enim dari tanggal 25 hingga Mei 2023 di Ballroom Hotel Grand Zuri, Kota Muara Enim.

Pelatihan dibuka oleh Bupati Muara Enim melalui Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM Amrullah Jamaludin dan dinarasumberi oleh H Yauza Ependi dari Kementerian Agama Republik Indonesia Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Selatan, Mardiah Kenamon dari Klinik UMKM Bersama Sumatera Selatan, dan Nunung Rahmawati dari Dinas Kesehatan Kabupaten Muara Enim.

Amrullah berharap melalui pelatihan dan transfer ilmu yang dilakukan ini dapat memberikan motivasi dan menjadi penggerak bagi pemula untuk berwirausaha serta membangkitkan pelaku UKM untuk mengembangkan usahanya.

“Tentunya hal ini tidak mudah untuk diimplementasikan namun,” ungkap Amrullah apabila kita bersungguh sungguh bukan suatu yang mustahil dapat tumbuh wirausahawan  yang handal yang dapat menciptakan lapangan pekerjaan dan pemerataan pendapatan masyarakat serta akan membawa efek berantai terhadap perekonomian daerah yang kita harapkan mampu menjadi pemicu akselerasi (percepatan) target pengentasan  kemiskinan.

Untuk itu, dirinya menekankan kepada seluruh peserta pelatihan agar dapat mengikuti pelatihan ini dengan sungguh-sungguh  dan dapat menerapkan ilmu  yang  didapat selama  pelatihan ini,  pelatihan ini sangtlah penting  untuk meningkatkan kapasitas pelaku usaha dalam  mengelola usaha secara professional agar bisa berkembang dan dapat mendongkrak perekonomian masyarakat.

“Karena, saya yakin dengan segala potensi yang ada di Kabupaten Muara Enim ini, ditambah dukungan semua pihak, termasuk pendampingan badan usaha sebagai mitra UMKM maupun dukungan Perbankan melalui penyaluran Program Kredit Usaha Rakyat (KUR) yang inklusif, maka saya yakin akan bermunculan para pelaku usaha, khususnya generasi muda yang handal, produktif, kreatif dan inovatif sehingga dapat meningkatkan daya saing daerah,” ujar Amrullah.

Selain itu, Staf Ahli juga menekankan kepada Dinkop UKM Kabupaten Muara Enim untuk terus bergerak cepat melakukan pembinaan  (pendataan atau inventarisasi, pelatihan/   pendidikan, fasilitasi,  serta monitoring) dan pendampingan secara terpadu, mulai dari kemudahan perizinan, pendampingan dan pelatihan usaha, akses pembiayaan, sertifikasi halal, skema kemitraan  serta promosi produk atau pemasaran. Karena dengan pembinaan  dan promosi UMKM merupakan salah satu kunci  sukses menjadikan UMKM berdaya saing.

Tetaplah  semangat dalam menjalankan usaha serta teruslah tumbuh, berkembang dan sukses. Tularkan semangat dan ilmu yang didapat pada pelatihan ini kepada kerabat dan pelaku UMKM lainnya, pungkas Amrullah. Nampak hadir diantaranya Kadinkop UKM Kabupaten Muara Enim Husin Aswadi beserta para Kepala Perangkat Daerah Lingkup Pemkab. Muara Enim, para Ketua Organisasi Wanita dalam Kabupaten Muara Enim perwakilan perbankan, dan  perusahaan dalam wilayah Kabupaten Muara Enim. (KF/*RED)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *