Herman Deru Minta Anggota Pramuka Sumsel Jadi Trainner GSMP Bagi Masyarakat

Spread the love

Buka Raimuna Daerah ke VIII Sumsel di Lubuklinggau

LUBUKLINGGAU, PERSADAEKSPRES.COM – Gubernur Sumsel H. Herman Deru membuka Pertemuan Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega (Raimuna) Daerah ke VIII di Lapangan Utama Bumi Perkemahan Silampari Kota Lubuklinggau, Rabu, 17 Mei 2023.

Pembukaan Raimuna Daerah ke VIII tersebut ditandai dengan upacara yang dipimpin langsung oleh Gubernur Herman Deru dan penyematan pita tanda peserta serta penanaman pohon.

Herman Deru mengatakan, kegiatan itu merupakan ajang bagi pramuka penegak dan pandega untuk memperkuat silahturahmi serta sarana saling bertukar pengalaman untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan di berbagai bidang.

Tidak hanya itu, Herman Deru juga berharap, kegiatan itu memperkuat sosialisasi Gerakan Sumsel Mandiri Pangan (GSMP) yang saat ini semakin masif dilakukan.

“Raimuna ini sebagai sarana peningkatan kemampuan para anggota pramuka, misalnya kemampuan Informasi Teknologi (IT). Bahkan, saya harapkan anggota pramuka ini dapat menjadi trainner dalam GSMP,” kata Herman Deru, yang juga Ketua Majelis Pembimbing Pramuka Daerah Sumsel ini.

Menurutnya, hal itu penting dilakukan mengingat Sumsel sendiri merupakan terbaik kedua nasional sebagai provinsi yang berhasil menyiapkan perubahan pola fikir masyarakat.

“Saya minta pramuka ambil peran untuk mewujudkan kemandirian pangan ini. Sebab kita ketahui, program GSMP ini diakui negara sehingga Sumsel dinobatkan sebagai provinsi terbaik kedua dalam melakukan perubahan pola fikir masyarakat,” terangnya.

Terlebih, lanjutnya, gerakan pramuka merupakan organisasi pendidikan dan pembinaan generasi muda sehingga bisa memegang tanggung jawab besar dalam membangun masyarakat yang maju.

“Raimuna ini kegiatan cukup penting dan strategis dalam mewujudkan cita-cita bersama. Dengan kemampuan yang mumpuni yang dimiliki generasi muda, diharapkan kita sehingga bisa duduk sejajar dengan negara lain,” tuturnya.

Dia meyakini, dengan kemampuan pengetahuan dan teknologi yang dimiliki generasi muda, maka bangsa ini akan manfaat lebih besar dalam pergaulan internasional.

“Utamanya untuk meraih peluang dan kesempatan berkompetisi dalam berbagai bidang,” ujarnya.

Senada dengan itu, Walikota Lubuklinggau sekaligus Ketua Majelis Pembimbing Cabang Lubuklinggau SN Prana Putra Sohe mengatakan, kegiatan Raimuna ke VIII ini berkaitan dengan program “Ayo Ngelong” yang digagas Pemkot Lubuklinggau.

“Raimuna ini membawa dampak besar bagi Sumsel khususnya Kota Lubuklinggau. Karena ini selaras dengan program Ayo Ngelong,” katanya.

Terlebih, sejak pandemi covid 19 beberapa waktu lalu, kawasan Bumi Perkemahan seluas 32 hektar ini sempat sepi dari kegiatan.

“Kita harapkan, kedepan akan banyak kegiatan yang diadakan disini,” imbuhnya.

Sementara itu, Sekjen Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Mayjen TNI (Purn) Dr. Bachtiar mengapresiasi gerakan pramuka Sumsel.

“Kita sangat mengapresiasi Kwarda Sumsel yang terus menunjukkan keaktifannya dalam kepramukaan,” katanya.

Dia mengungkapkan, Raimuna Daerah VIII ini dilakukan untuk menambah semangat bela negara kepada generasi muda.

“Saya harap langkah ini menjadi upaya peningkatan semangat. Kesiapan membangun diri masing-masing menjadi bekal bagi kehidupan para generasi muda kedepan,” pungkasnya.

Hadir dalam upacara itu, Ketua Kwarda Sumsel H. Riza Pahlevi, Wakil Ketua DPRD Sumsel H. Giri Ramanda Kirmas, Anggota DPRD Sumsel M Yaser, Wakil Walikota Lubuklinggau H. Sulaiman Kohar, FKPD Lubuklinggau dan sejumlah pihak lainnya. (HUM/*RED)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *