Curi Perhatian, Vita Utami Kaffah Apresiasi Seni Kriya Sumsel di Pameran Dekranas 2023 Medan

Spread the love

MUARA ENIM, PERSADAEKSPRES.COM- Seni Kriya (kerajinan tangan) khas dari berbagai belahan Bumi Sumatera Selatan yang tergabung dalam stand pameran Dekranasda Provinsi Sumatera Selatan berhasil mencuri perhatian para pengunjung  Pameran Dekranas 2023 yang digelar oleh Dinas Koperasi dan UKM Kota Medan dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) ke-43 di Kota Medan Provinsi Sumatera Utara.

Kenapa demikian, karena berdasarkan data dilapangan, tercatat 100 lebih UMKM dari Provinsi, Kabupaten, dan Kota se-Indonesia dengan menampilkan ciri khas dari masing-masing  daerah memadati pameran yang berlangsung di Lapangan Benteng, Kota Medan, Selasa (16/05), dan seni kriya dari para perajin di Provinsi Sumatera Selatan berhasil menjadi salah satu pusat perhatian bagi para pengunjung.

Melihat antusias tersebut, Ketua Dekranasda Kabupaten Muara Enim Nurul Vita Utami Kaffah yang mampir langsung ke stand tersebut memberikan apresiasi kepada para perajin seni kriya ataupun para pelaku UMKM yang ada di Provinsi Sumatera Selatan.

“Wajar saja kalau banyak para pengunjung yang mampir ke stand Dekranasda Provinsi Sumatera Selatan ini karena dapat dilihat sendiri produk-produk dari seni kriya yang ditampilkan memang layak untuk dilirik apalagi telah melewati kurasi artinya selain motif dan seni yang bagus serta unik juga mempunyai kualitas yang sudah teruji kelayakannya,” ucap Vita disela pameran yang dikelilingi langsung oleh Ibu Negara Iriana Joko Widodo didampingi istri Wakil Presiden RI Wury Ma’ruf Amin.

Berkaitan dengan hal tersebut,  selaku Ketua Dekranasda Kabupaten Muara Enim, Nurul Vita Utami Kaffah langsung memberikan arahan kepada Dinas Perdagangan Kabupaten Muara Enim untuk terus menggali, mengembangkan, dan mengangkat seni-seni kriya yang ada di Kabupaten Muara Enim.

Menurutnya, jika seni kriya di Bumi Serasan Sekundang terus digali dan dikembangkan maka sudah pasti akan dapat menarik perhatian para investor lokal bahkan luar negeri, tentunya hal tersebut dapat berdampak positif bagi peningkatan perkonomian terutama bagi para pelaku UMKM di Kabupaten Muara Enim dan Provinsi Sumatera Selatan tentunya.

“Jadi, mari bersama-sama kita gali dan kembangkan terus seni kriya, kerajinan tangan khas kita, asli kita Bumi Serasan Sekundang guna mewujudkan Kabupaten Muara Enim darusalam dan terdepan, serta Sumsel Maju untuk Semua,” ajak Vita. (KF/*RED)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *