Gubernur Herman Deru Libatkan Semua Stakeholder  Dorong UMKM Lokal Naik Kelas ke Pasar  Nasional dan Pasar Dunia

Spread the love

PALEMBANG, PERSADAEKSPRES.COM- Keberadaan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) perlu terus didorong agar tetap maju dan memberikan nilai positif terhadap  berlangsungan ekonomi kerakyataan.

“UMKM terbukti menjadi pemicu timbuhnya sektor  ekonomi dan menjadi penunjang bagi penurunan angka kemiskinan,” ucap Gubernur Sumsel H Herman Deru saat memberikan sambutan pada pembukaan UMKM Expo 2023  bertempat di Halaman Kantor DPRD Provinsi Sumsel, Sabtu (13/5) petang.

Menurut Herman Deru agar produk UMKM tetap eksis tentu dibutuhkan dorongan dari semua Stakeholders atau pemaku kepentingan lainnya dalam mengenalkan produk  UMKM  agar tidak hannya dikenal dipasar lokal. Melainnya juga bisa naik kelas hingga  dikenal dipasar nasional dan pasar global. 

“Kita  saksikan langsung dari tahun ketahun ada peningkatan yang signifikan baik kuantitas maupun strategi marketingnya agar UMKM dapat naik kelas tidak hanya di pasar lokal, nasional tetapi juga kita harapkan dapat mendunia,” katanya.

Secara khusus Herman Deru mengajak semua jajaran dilingkup Pemprov Sumsel, institusi swasta ataupun perorangan yang berkemampuan  agar dapat menjadi pahlawan UMKM mulai dari hulu hingga hilirnya. Sebab lanjut dia tanpa bantuan pemangku kepentingan  tentu sulit bagi pelaku UMKM untuk dapat bekembang dengan pesat. 

“Maindset sedikit demi sedikit sudah dirasakan berubah. Dimana dari konsumen menjadi jiwa yang ingin menghasilkan bahkan menjadi produsen dari prodak-prodak tertentu,” paparnya.

Produk-produl UMKM masyarakat lanjut Herman Deru dapat berupa aksesoris, makanan hingga alat-alat kontruksi yang perlu terus dibina dan didorong kualitasnya agar mampu  bersaing,  kompetisi  dengan produk luar.

“Produk-produk itu tentunya membutuhkan strategi pemasaran yang tepat. Karena itu kita dorong agar bisa masuk dalam  e-katalog,” imbuhnya.

Mengakhiri sambutannya, Herman Deru mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada panitia serta segenap jajaran DPRD Sumsel yang memfasilitasi tempat digelarnya Expo kali ini. 

“Terima kasih atas digelarnya expo ini, dimana tempat ini sangat strategis dan mudah di jangkau oleh seluruh pengunjung,” tandasnya.

Sementara itu,  Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Sumsel, SA Supriono selaku ketua panitia melaporkan,  UMKM Expo 2023 di gelar selama 3 haridiikuti  63 stand yang terdiri dari UMKM kabupaten/kota,  pelaku UMKM binaan ICSB dan pasar tani. 

Pembukaan UMKM EXPO 2023 kali ini dibuka secara resmi dengan ditandai penekanan layar touchscreen dan dilanjutkan dengan peninjauan stand oleh Gubernur Herman Deru didampingi Sekda SA Supriono, Ketua TP PKK Sumsel Hj  Febrita Lustia,  Ketua DPRD Sumsel, Hj R.A

Anita Noeringhati,  Ketua ICSB Sumsel Hj Samantha Tivani  HD dan para Kepala OPD. (HUM/*RED)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *