Kemendagri, Puji Prestasi Pemprov Sumsel Berhasl Kendalikan Inflasi, Turunkan Kemiskinan dan Angka Stunting

Spread the love

PALEMBANG, PERSADAEKSPRES.COM – Gubernur Sumsel H Herman Deru menyambut baik atas digelarnya Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Tahun 2023 dalam rangka Penyusunan Rencana kerja pembangunan daerah (RKPD) Provinsi Sumsel Tahun 2024 yang digelar di Ballrom Hotel Novotel, Kamis, 13 April 2023.

“Kita sangat menyambut dan mengapresiasi atas diselenggarakannya kegiatan yang sangat mulia ini dalam pembangunan daerah, ” kata Herman Deru mengawali sambutannya.

Menurut Herman Deru dalam pembangunan daerah tentu tidak lepas dan butuh sinkronisasi baik antara instansi tingkat provinsi dan pemerintah pusat serta Kabupaten/kota se Sumsel.

“Nah kita sudah melihat rapot kita dimana hasil capaian pada tahun sebelumnya tentu akan menjadi pijakan bagi kita merencanakan tahun kedepan,” tambahnya.

Artinya lanjut Herman Deru sinkronisasi ini harus diawali dengan data yang benar dalam menciptakan perencananan dan pelaksanaan yang benar sehingga prodaknya makin lebih baik lagi.

“Selama kita bicara pembangunan kenapa wajib bicara tentang infrastruktur, Artinya ada infrastruktur dan non infrasturktur tujuannya hanya satu yakni mempercepat kesejahteraan rakyat,” imbuhnya.

Lebih lanjut Herman Deru mengukapkan dengan berbagai peningkatan dan capaian di berbagai bidang seperti infrastruktur, turunnya angka kemiskinan dan angka stunting tentu menjadi kebanggaan Pemprov Sumsel dan Kabupaten/Kota.

“Didalam capaian ini sering saya sampaikan jangan cepat berpuas diri atau star syndrome meskipun rapot baik tapi jangan terlena, bahkan harus melakukan yang lebih lagi,” tutupnya.

Sementara itu, Dirjen Pembinaan Keuangan Daerah Kementerian Dalam Negeri RI, A Fatoni mengapresiasi atas capaian dan prestasi yang diraih oleh Pemprov Sumsel baik inflasi, kemiskinan, stunting dan sebagai provinsi terinovatif.

“Musrenbang ini sangat penting dalam merencanakan pembangunan kedepan. Pembangunan daerah dilaksanakan untuk berapa tujuan diantaranya pendapatan masyarakat, kesempatan kerja, lapangan berusaha, akses dan kualitas pelayanan publik serta daya saing daerah,” tuturnya.

Ditempat yang sama Kepala Bapedda Sumsel, Reggina Ariyanti mengatakan dalam rangka perumusan RKPD Sumsel tahun telah dilakukan serangkaian kegiatan seperti sinkronisasi antara Provinsi dan Kabupetan Kota melalui Musrenbang Kabupaten/ Kota.

Tak hanya itu beberapa capaian juga telah diraih dan diharapakan untuk tahun-tahun kedepannya diantaranya tingkat kemiskinan diharapakan turun menjadi 10,95 % dan capain di tahun 2022 (11,92 %), Indeks Pembangunan Manusia (IPM) meningkat 71,63% dan 2022 70,09 % serta sektor lainnya.

Pada kesempatan ini Gubernur Herman Deru menyerahkan penghargaan pembangunan daerah kepada 6 Kabupaten/Kota terbaik diantaranya Kabupaten OKU Timur, Banyuasin dan MUBA. Serta Kota Pagaralam, Palembang dan Prabumulih.

Kemudian, penandatangan berita acara anatara Pemprov Sumsel dan Bapennas tentang sinergi perencanaan dan pelaksanaan pembangunan dalam rangka peningkatan Kompetensi ASN dibidang perencanaan dan pembagunan di Pemprov Sumsel. (KF/*RED)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *