Jelang Ramadhan, Pj Sekda Sidak Pasar Pantau Harga Kebutuhan Pokok

Spread the love

MUARA ENIM, PERSADAEKSPRES.COM- Menjelang Bulan Suci Ramadhan 1444 H, Bupati Muara Enim melalui Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Muara Enim H Riswandar bersama Satuan Tugas (Satgas) Ketahanan Pangan Kabupaten Muara Enim melakukan inspeksi mendadak (Sidak) menyusuri Pasar Muara Enim dan Pasar Tanjung Enim guna menjamin ketersediaan, distribusi, dan stabilitas harga 12 (dua belas) Bahan Pangan di Kabupaten Muara Enim dalam keadaan cukup dan stabil.

“Sidak ini dilakukan untuk memantau ketersediaan serta memastikan bahan pokok kebutuhan sehari-hari dalam keadaan stabil terlebih lagi menjelang bulan puasa nanti, walaupun naik tapi tidak terlalu tinggi,” ucap Pj Sekda saat diwawancara usai menyusuri pasar tadi, Kamis, 16 Maret 2023.

Dari hasil pantauan tersebut, harga berbagai macam bahan pokok tidak ada yang mengalami kenaikan signifikan, cuma ada beberapa yang naik dan itu hanya 5%.

“Alhamdulilah untuk ketersediaan stok sembako selama bulan puasa nanti dapat dipastikan aman. Persoalan beberapa komoditi yang mengalami kenaikan harga itu dapat dimaklumi, dan akan kita pantau terus perkembanggannya,” ucap Pj Sekda.

Pj Sekda menghimbau seluruh pedagang maupun distributor agar tidak menaikan harga bahan pangan yang tidak sesuai dengan ketentuan hingga dapat merugikan masyarakat dan ditegaskan agar tidak ada aksi penimbunan sembako oleh oknum manapun karena jika kedapatan tentu akan kena sangsi tegas dan penting diingat agar dalam membuat makanan (buka puasa) untuk tidak menggunakan bahan-bahan berformalin atau sejenisnya.

Selain itu, kegiatan ini tentunya untuk mendukung kebijakan Pemerintah dalam mengendalikan harga dan inflasi sehingga tidak memberatkan masyarakat, pungkasnya.

Sementara itu, salah satu warga masyarakat dari Jl Pramuka III Muara Enim yang sedang berbelanja berharap agar sidak yang dilakukan oleh Satgas Ketahanan Pangan Kabupaten Muara Enim ini dapat memberikan dampak positif untuk ketersediaan bahan pangan selama bulan puasa nanti dan dapat memonitor stabilitas harga bahan pokok yang tidak memberatkan kantong masyarakat.

Hadir mendampingi Pj Sekda diantaranya, Kepala Bappeda. Kadis Ketahanan Pangan, Kadis TPH dan Peternakan, Kadis Perdagangan, Kadis Kesehatan, Kadis Kominfo, Kasat Pol-PP, Kabag Perekobang dan SDA, Camat Muara Enim, Camat Lawang Kidul, Kepala UPTD Pasar Muara Enim, dan Kepala UPTD Pasar Tanjung Enim. (KF/*RED)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *