Pesona Air Terjun Kudau, Desa Rantau Kumpai Kabupaten OKU

Spread the love
Air Terjun Kudau
Oleh:
Leni Mala Sari,
Mahasiswi Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP, Universitas Baturaja.

OKU, PERSADAEKSPRES.COM- Desa Rantau Kumpai yang berlokasi di kecamatan Sosoh Buay Rayap adalah salah satu desa yang mempunyai potensi wisata alam yang tinggi, sedang dan rendah. akan tetapi dari semua wisata alam yang ada belum semuanya dapat dikembangkan menjadi wisata andalan daerah. Desa ini menjadi salah satu desa yang memiliki beragam kebudayaan dan tempat wisata salah satu objek wisata yang memiliki potensi tinggi tetapi belum dikembangkan yaitu wisata air terjun Kudau.

Air terjun Kudau terletak di desa Rantau Kumpai kecamatan Sosoh Buay Rayap, air terjun ini sering dieksplor oleh masyarakat setempat karena dibalik tempatnya yang susah untuk dijangkau air terjun ini memiliki pesona yang sangat indah. Air terjun ini sudah ada sejak zaman dahulu kala, dinamakan air terjun Kudau karena konon yang dipercayai warga sekitar air terjun tersebut ada makam puyang yang bernama puyang Kudau, karena itulah masyarakat memberi nama air terjun Kudau.

Menurut pendapat masyarakat desa Rantau Kumpai, jika puyang Kudau ada di dalam kuburan maka peliharaannya akan berada di samping kuburan puyang, tetapi jika puyang Kudau tidak ada di dalam kuburan maka hewan peliharaannya tidak ada di samping kuburan. Hewan peliharaan tersebut seperti ayam dan ular. Selain itu, air terjun Kudau ini juga sering dijadikan tempat sesembahan apalagi di kuburan puyang, masyarakat setempat percaya bahwa jika mereka memiliki keinginan untuk menggapai sesuatu, maka mereka akan membawa seekor kambing dan dilepaskan di area air terjun Kudau tersebut, hal itu sudah banyak dilakukan oleh masyarakat.

Walaupun air terjun ini terletak di tengah-tengah hutan, tetapi air terjun Kudau memiliki banyak sekali pesona alam, yang anehnya belum banyak masyarakat mengetahuinya. Salah satu pesona dari air terjun kudau ini yaitu memiliki tingkatan yang bekreasi dan sering berubah-ubah tingkatan.

Untuk mengunjungi air terjun Kudau ada salah satu kendala yaitu jalan untuk menuju air terjun Kudau masih sangat minim karena jalan menuju air terjun Kudau belum diaspal dan masih tanah. Apalagi pas musim hujan jalan akan menjadi rusak dan berlumpur sehingga jika masyarakat ingin mengunjungi air terjun Kudau itu pada musim kemarau agar mudah untuk menjangkau air terjun kudau tersebut.

Saat ini masyarakat lebih sering mengunjungi air terjun Kudau karena pesonanya sudah banyak dikenal, baik masyarakat desa Rantau Kumpai maupun masyarakat dari desa lainnya. Untuk itu air terjun Kudau perlu dikembangkan lagi agar bisa menjadi tempat wisata yang populer. Untuk mengembangkan air terjun Kudau, banyak yang berharap mendapat perhatian Pemerintah Kabupaten OKU khususnya dan perhatian Gubernur Sumsel, H. Herman Deru sehingga menjadi aset wisata yang lebih baik dan tentunya dapat meningkatkan perkonomian warga desa. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.